Minggu, 07 April 2013

GoalControl-4D, Teknologi Garis Gawang yang Dipilih FIFA | SUNARTA

Quote:
ZURICH - Federasi sepakbola tertinggi dunia, FIFA akhirnya menentukan teknologi garis gawang yang akan mereka gunakan di ajang Piala Konfederasi dan Piala Dunia 2014.

Setelah beberapa bulan melakukan riset terkait sejumlah teknologi yang direkomendasikan, seperti GoalRef dan HawkEye dan beberapa teknologi lain dari Jerman, FIFA akhirnya mengambil keputusan.

Teknologi yang dipilih FIFA ialah GoalControl-4D, sistem yang diproduksi oleh sebuah perusahaan asal Jerman. Teknologi ini diaplikasikan lewat 14 kamera berkecepatan tinggi yang dipasang di atap stadion. Perangkat lainnya adalah jam tangan khusus yang dikenakan wasit.

Kamera-kamera tersebut terkoneksi dengan sistem komputer yang akan menangkap pergerakan semua objek di lapangan, terkecuali pemain, wasit dan semua objek yang tidak termasuk dalam permainan.



Simpelnya, jika bola melewati garis gawang, maka jam tangan wasit akan bergetar dan muncul tulisan ‘goal’ di jam tersebut. Sementara itu, keberadaan kamera tersebut siap mendukung keputusan wasit. Kamera tersebut akan menangkap momen di mana bola tersebut sudah melewati garis gawang atau belum.

Teknologi ini diyakini mampu mereduksi kesalahan wasit dalam mengambil keputusan terutama dalam insiden-insiden yang menyulitkan seperti gol Frank Lampard ke gawang Jerman pada Piala Dunia 2010 lalu.

Dengan teknologi ini, wasit diyakini akan lebih mudah mengambil keputusan terkait gol atau tidak, meski saat itu dia dalam posisi yang tidak ideal. Demikian sebagaimana dikutip DirtyTackle.

Teknologi GoalControl-4D akan mulai diterapkan pada Piala Konfederasi pada pertengahan tahun ini, dan jika sukses akan kembali digunakan pada Piala Dunia 2014, di mana kedua event tersebut dilangsungkan di Brasil.


Spoilerfor Video GoalControl-4D:

Quote:SUMBER

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Budayakan Komentar dan Saran yang baik :)
I HATE SILENT READER !!